CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Pages

Sim Pets

Kamis, 03 November 2011


Kepribadian Sehat - Model Allport
“Individu Yang Matang”

·      Pendekatan Terhadap Kepribadian
                        Pandangan Allport berbeda dengan Freud, dimana Allport lebih optimis tentang kodrat manusia daripada Freud. Kodrat manusia yang diutarakan Allport adalah positif, penuh harapan, dan menyanjung-nyanjung. Allport tidak percaya bahwa orang-orang yang matang dan sehat dikontrol dan dikuasai oleh kekuatan-kekuatan tak sadar (kekuatan-kekuatan yang tidak dapat dilihat dan dipengaruhi).
                        Menurut Allport kepribadian-kepribadian yang matang tidak dikontrol oleh trauma-trauma dan konflik-konflik masa kanak-kanak.
     Pandangan Allport individu neurotis beroperasi dalam genggaman konflik-konflik dan pengalaman masa kanak-kanak dan kepribadian yang sehat berfungsi pada suatu taraf yang berbeda dan lebih tinggi.
                        Individu yang sehat dibimbing dan diarahkan oleh masa sekarang dan oleh intensi-intensi ke arah masa depan dan antisipasi-antisipasi masa depan. Pandangan individu yang sehat adalah ke depan, kepada peristiwa-peristiwa kontemporer dan peristiwa yang akan datang dan tidak mundur kembali pada peristiwa kanak-kanak.

·      Motivasi Pribadi yang Sehat
                        Menurut Allport segi sentral dari kepribaian adalah intensi-intensi yang sadar dan sengaja, yakni harapan-harapan, aspirasi-aspirasi dan impian-impian. Tujuan-tujuan ini mendorong kepribadian yang matang dan memberi petunjuk  untuk memahami tingkah laku sekarang.
                        Kodrat intensional (intentional nature) kepribadian sehat yaitu perjuangan kearah masa depanmempersatukan dan mengintegrasikan seluruh kepribadian. Individu yang sehat didorong ke depan oleh suatu visi masa depan dan visi itu (dengan tujuan-tujuannya yang khusus) mempersatukan kepribadian dan membawa individu kepada tingkat-tingkat tegangan yang bertambah.

·      Kriteria Kepribadian yang Matang
                        Allport mengemukakan tujuh kriteria sifat-sifat khusus dari kepribadian sehat:
1.        Perluasan Perasaan Diri
Menurut Allport individu matang adalah yang dapat mengembangkan perhatian-perhatian di luar dirinya, suatu aktivitas harus relevan dan penting bagi diri; harus berarti sesuatu bagi individu tersebut.
2.        Hubungan Diri yang Hangat dengan Orang Lain
Allport membedakan dua macam kehangatan dalam hubungan dengan orang-orang lain: kapsitas untuk keintiman dan kapasitas untuk perasaan terharu.
Keintiman adalah suatu perasaan identitas-diri yang berkembang dengan baik. Individu yang sehat secara pdikologis mampu memperhatikan keintiman (cinta) terhadap orangtua, anak, partner, teman akrab. Sedangkan individu neurotis harus menerima cinta jauh lebih banyak daripada kemampuan mereka untuk memberinya.
Yang kedua adalah suatu pemahaman tentang kondisi dasar manusia dan perasaan kekeluargaan dengan semua bangsa. Individu sehat memiliki kapasitas untuk memahami kesakitan, penderitaan, ketakutan, dan kegagalan-kegagalan yang merupakan ciri kehidupan manusia.
3.        Keamanan Emosional
Sifat dari kepribadian yang sehat meliputi beberapa kualitas; kualitas utama adalah penerimaan diri, pribadi sehat mampu menerima semua segi dari dirinya sendiri, termasuk kelemahan-kelemahannya, juga mampu menerima emosi-emosi manusia, lalu juga “sabar terhadap kekecewaan” bagaimana individu bereaksi terhadap tekanan dan terhadap hambatan dari keinginan-keinginan.
4.        Persepsi Realistis
Menurut Allport individu yang memiliki persepsi realitis yaitu individu-individu yang sehat memandang dunia secara objektif, dan menerima realitas sebagaimana adanya.
5.        Keterampilan-keterampilan dan Tugas-tugas
Allport menekankan pentingnya pekerjaan dan perlunya menenggelamkan diri sendiri didalamnya. Dedikasi terhadap pekerjaan ini ada hubungannya dengan gagasan tentang tanggung jawab dan dengan kelangsungan hidup yang positif.
6.        Pemahaman Diri
Kepribadian yang sehat yaitu dapat mencapai suatu tingkat pemahaman diri yang lebih tinggi daripada individu neurotis. Individu sehat terbuka pada pendapat orang-orang lain dalam merumuskan suatu gambaran diri yang objektif.
7.        Filsafat Hidup yang Mempersatukan
Individu sehat melihat kedepan, didorong oleh tujuan-tujuan dan rencana-rencana jangka panjang. Bagi Allport suatu kepribadian yang sehat tidak akan tercapai tanpa aspirasi-aspirasi dan arah ke masa depan.

Referensi
Schultz, D. (1991). Psikologi Pertumbuhan Model-model Kepribadian Sehat. Yogyakarta : Kanisius

1 ComMent:

rodo mengatakan...

makasih ea infonya,,
sangat menarik dan bermanfaat,,

- Hiii guys,, TerIma KaSih iaa ataS KunjUngaN'y, sEmoga Isi daLam bLog iNi daPat mEmberIkan mAnfaaT sErta PengEtaHuan LebiH baGi Qt, dan Segala iSi daLam Blog ini bErdasarKan sUmber dAn RefereNsi yang di Dapat -