CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Pages

Sim Pets

Senin, 18 April 2011

S.I.P Data Base dan Psikologi


Data Base dalam Psikologi


A. Basis Data

Basis Data dalam bahasa Inggris biasa di sebut dengan database, atau sering pula di sebut basis data, merupakan kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (query) basis data disebut sistem manajemen basis data (database management system, DBMS). Sistem basis data dipelajari dalam ilmu informasi.

Di dalam DBMS terdapat beberapa data base beserta satu atau lebih program pengelola yang berguna untuk mengolah data, seperti ; menambah data, mengambil data, menghapus data, maupun melakukan update terhadap data yang sudah ada. DBMS adalah sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat dan melakukan maintain terhadap data base.

Istilah “basis data” berawal dari ilmu komputer. Meskipun seiring dengan kemajuan zaman kemudian artinya semakin luas, memasukkan hal-hal di luar bidang elektronika. Catatan yang mirip dengan basis data sebenarnya sudah ada sebelum revolusi industri yaitu dalam bentuk buku besar, kuitansi dan kumpulan data yang berhubungan dengan bisnis.

Gambar bagan, Sistem Data Base

B. Model Basis Data atau Model Data

Ada banyak cara untuk mengorganisasi skema, atau memodelkan struktur basis data : ini dikenal sebagai model basis data atau model data. Model yang umum digunakan sekarang adalah model relasional, yang menurut istilah layman mewakili semua informasi dalam bentuk tabel-tabel yang saling berhubungan dimana setiap tabel terdiri dari baris dan kolom.

Dalam model ini, hubungan antar tabel diwakili denga menggunakan nilai yang sama antar tabel. Model yang lain seperti model hierarkis dan model jaringan menggunakan cara yang lebih eksplisit untuk mewakili hubungan antar tabel.


C. Kegunaan Database

Pembuatan data base dimanfaatkankan untuk dapat mengatasi permasalahan pada penyusunan suatu data, diantaranya:

a. Isolasi data untuk standarisasi
Jika data tersebar dalam beberapa file dalam bentuk format yang tidak sama, maka ini menyulitkan dalam menulis program aplikasi untuk mengambil dan menyimpan data. Maka haruslah data dalam satu database dibuat suatu format sehingga mudah dibuat program aplikasinya

b. Kesulitan pengaksesan data
Kesulitan yang akan terjadi jika belum tersedianya program yang dibutuhkan untuk mengeluarkan suatu data dan penyelesainnya adalah kearah DBMS yang mampu mengambil data secara langsung dengan bahasa yang familiar dan mudah digunakan.

c. Redudansi dan Inkosistensi
Data Redudansi adalah penyimpanan dibeberapa tempat untuk data yang sama dan mengkibatkan pemborosan ruang penyimpanan dan juga biaya untuk mengakses jadi lebih tinggi

d. Multiple user (Banyak pemakai)
Alasan database digunakan karena nantinya data tersebut akan dibangun dan digunakan oleh orang banyak dalam waktu yang sama, diakses oleh program yang sama tapi berbeda orang dan waktu

e. Masalah keamanan data
Tidak semua pemakai sistem database diperbolehkan untuk mengakses semua data. Keamanan ini dapat diatur lewat program yang dibuat oleh fasilitas oleh keamanan dari operating system

f. Masalah integritas data (kesatuan data)
Data yang tercerai-berai dalam beberapa file bisa disatukan dengan menggunakan field kunci. Field kunci adalah field yang unik yang bisa mewakili keseluruhan record. Misalnya field kunci untuk mahasiswa adalah NIM.

g. Masalah Data Independence (kebebasan data)
Jika suatu ketika ada perubahan terhadap struktur datanya, maka program aplikasi harus diubah pula (jika program ditulis dengan Basic atau Pascal), tetapi bila program ditulis dengan DBMS perubahan terhadap program aplikasi cukup menggunakan append, untuk menampilkan data dengan list.

D. Fungsi database memiliki argument yang sama,yaitu :

Database
Adalah range dari sel-sel yang membentuk suatu daftar atau Database,yaitu mulai dari judul kolom hingga record atau Baris terakhir dalam daftar atau database.

Field
Untuk menyatakan filed (kolom) mana yang akan dicari nilai Rata-ratanya. Untuk menyebutkan field,Anda cukup Menuliskan judul kolom dengan diapit tanda petik(double Quation mark).Selain menuliskan judul kolom.Anda juga Dapat menuliskan nomor kolom yang ke berapa bila di hitung Dari sebelah kiri.Misalnya kolom A = nomor 1,B = nomor 2, F = nomor 5 demikian seterusnya.

Criteria
Menetapkan kriteria range yang akan di gunakan oleh fungsi Untuk memilih record-record yang di gunakan unutk melakukan Perhitungan.


E. Cara Membuat Database Baru

Dalam Microsoft Access, tiap database tersimpan dalam sebuah file dengan ekstensi .mdb. Tiap objek baik itu tabel, form, report, query, data access page, atau lainnya yang Anda ciptakan dalam database itu juga disimpan dalam file ini. Jadi, satu file berisi semua objek dalam database Anda. Ikutilah langkah-langkah berikut ini untuk membuat database baru.

Berikut langkah-langkah untuk menjalankan Microsoft Access :
1. Klik Start
2. Klik All Programs
3. Klik Microsoft Access. Setelah itu segera tampil jendela Microsoft Access
4. Klik Blank Database, karena kita akan membuat database baru. Setelah Anda mengklik Blank Database, maka akan tampil kotak dialog Create databae
5. Tentukan lokasi atau folder untuk menyimpan file Database baru Anda, misalnya di My Document
6. Ketikkan sebuah nama file untuk Database baru Anda, misalnya LATIHAN.
7. Klik Create. Access secara otomatis akan menambahkan ekstensi .mdb ke nama file itu.
8. Teks di bagian atas di batang judul jendela database berisi nama dalam contoh ini bernama LATIHAN. Dalam Microsoft Access 2002 (XP) jendela database mempunyai dua bagian, bagian sebelah kiri menampilkan tipe objek dan group, sedangkan bagian kanan berisi objek database dan shortcut untuk menciptakan objek baru
9. Di bawah heading objects, ada beberapa tipe objek yang bisa dipilih dan digunakan untuk berbagai keperluan, jika Anda mengklik Tables, maka Microsoft Access akan menampilkan semua tabel dalam database yang letaknya di bagian kanan jendela Database.


F. Data Base dalam Psikologi

Menurut saya, data base dalam lingkup Psikologi dapat dirasakan manfaatnya sebagai alat bantu dalam penyimpanan suatu data (dalam hal ini berupa data base) dalam suatu pekerjaan. Seperti, ketika seorang konselor atau kepala bagian HRD yang bekerja pada suatu organisasi atau perusahaan, mendapat tugas untuk memberi penilaian atas performance salah satu anggota atau pegawai dalam perusahaan tersebut, sebelumnya ia akan mencari data mengenai orang tersebut, perusahaan tempat ia bekerja pasti mempunyai data mengenai para pegawainya, itulah yang dapat membantu tugas dari konselor tersebut karena dari data awal tersebut yang ada dalam perusahaan itu, dapat digunakan untuk memberi informasi awal.


Dalam data base terdapat istilah “attribute” Sebutan untuk mewakili sebuah entity (Suatu kumpulan orang, tempat, kejadian, aktifitas atau bagian yang terdapat dalam sebuah organisasi atau informasi yang akan direkam). Misalkan, seorang mahasiswa atau siswa dapat dilihat atributnya, misalnya npm, nama, alamat, hobby dan lain-lain. Atribute juga disebut data elemen, data field atau data item. Ini juga merupakan salah satu pemanfaatan data base untuk lingkup Psikologi, karena salah satu bidang profesi Psikologi adalah School Psychologist, misalkan pada suatu organisasi pendidikan terdapat siswa yang sedang mengalami masalah sering terlambat datang kesekolah, maka tugas seorang psikolog adalah mengetahui data awal siswa tersebut yang dimiliki sekolah, setelah itu baru dapat memikirkan langkah atau treatment apa yang baik digunakan. Dan masih banyak lagi pemanfaatan yang dapat dirasakan dengan penggunaan data base lainnya, dalam bidang Psikologi maupun bidang lainnya.




^ REFERENSI ^

http://id.wikipedia.org/wiki/Basis_data
http://terbaru2010.com/ilmu-komputer-pengertian-database-cara-membuat-database.html
http://bowoblog.wordpress.com/2009/05/26/kegunaan-database/
http://www.scribd.com/doc/16157987/-BAB-1-DataBase
http://fungsi-data-base.blogspot.com/

http://digilib.petra.ac.id/viewer.php?submit.x=15&submit.y=14&submit=prev&page=2&qual=high&submitval=prev&fname=%2Fjiunkpe%2Fs1%2Finfo%2F2007%2Fjiunkpe-ns-s1-2007-26403117-8840-warehouse_bank-chapter2.pdf





3 ComMent:

princess nitha mengatakan...

saya kasih 2 jempol deh buat tulisan dikau ninda kurnia bin --------------..heheheheheheh
lengkap, singkat dan jelas, semoga bs bermanfaat bg yg mmbutuhkan..

Ndha mengatakan...

... koq 2 jempol, kan masih ada 2 jempol lagi yang dirimu punya^^
mbem...
'eh, dimana-mana cewe ntu "binti", PAYAH...
^^but thanks 4 comment mbem

Galih Wahyuningsih mengatakan...

izin share ke http://gwahyuningsih.blogspot.com/
makasih

- Hiii guys,, TerIma KaSih iaa ataS KunjUngaN'y, sEmoga Isi daLam bLog iNi daPat mEmberIkan mAnfaaT sErta PengEtaHuan LebiH baGi Qt, dan Segala iSi daLam Blog ini bErdasarKan sUmber dAn RefereNsi yang di Dapat -