CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Pages

Sim Pets

Senin, 14 Februari 2011

Tidur dan Mendengkur (^_^)

SAAT TIDUR, MENDENGKUR???

UPSS!!

 

Semua orang pastilah membutuhkan istirahat atau rehat sejenak dari segala aktivitasnya untuk me-refresh pikiran serta tubuhnya yang telah digunakan selama berkegiatan. Tidur adalah proses yang mujarap dalam membantu tubuh dan pikiran kita menjadi refresh. Dalam istirahat atau tidur kita perlu dalam keadaan tenang, relaks  serta tanpa tekanan emosional dan bebas dari kegelisahan atau ansietas. Tapi ketika kita tahu saat tertidur kita menimbulkan suara-suara seperti gemma yang membuat orang lain terkaget-kaget mendengarnya alias mendengkur, bagaimana ya???

 

Sebenarnya Mendengkur merupakan masalah tidur yang bisa dialami pria dan wanita. Meskipun umum terjadi, mendengkur tetap saja mengganggu. Mendengkur saat tidur terkadang hanya dianggap sepele, hanya karena kelelahan saja. Padahal, kebiasaan mendengkur menunjukkan adanya masalah dalam hal kesehatan loh..

Jika dilihat dari frekuensinya, mendengkur merupakan sebuah gangguan tidur yang bisa menimbulkan baik konsekuensi medis maupun sosial.

 

Ada beberapa jenis atau tipe ketika orang mendengkur;

  • Dengkuran ringan, biasanya dengan suara yang halus dan berlangsung secara terus menerus. Dengkuran ringan ini biasanya terjadi pada fase awal tidur.
  • Dengkuran keras, cirinya biasanya terdengar dengan suarua yang terputus-putus, serta diiringi dengan hentakan nafas yang dalam. Tipe dengkuran yang seperti inilah yang patut do waspadai, karena gangguan ini dapat berisiko merusak organ-organ vital.

 

Pada jenis dengkuran keras bila terjadi terus menerus  secara periodic orang tersebut dapat berhenti bernapas, karena napas yang terhentak merupakan mekanisme pertahanan tubuh terhadap risiko rendahnya kadar oksigen dalam darah. Keadaan seperti ini dapat menyebabkan kualitas tidur menjadi buruk, dan biasanya keluhan seperti ini dialami atau biasa di sebut oleh penderita dengan insomnia.

Dalam istilah kedokteran, tipe dengkur-berhenti-napas ini dikenal dengan isilah Obstructive Sleep Apnea Syndrome (OSAS) atau disebut juga dengan gangguan napas obstruktif ketika tidur.

 

Kebiasaan mendengkur tidak selalu perlu adanya tindakkan dari medis. Misalnya, dengan menjalani pola hidup sehat, menjalani diet, tidak merokok, serta minum minuman yang beralkohol biasanya dapat mengatasi masalah mendengkur ini. Tetapi apabila sebab mendengkur adalah karena alergi, biasanya akan diberikan obat. Tapi jikalau penyebab mendengkur adalah karena adanya ketidak normalan dari saluran napas hidung, biasanya dilakukan tindakkan medis memungkinkan dokter akan menyarankan tindakkan operasi untuk memperbaiki jalannya udara disaluran pernapasan tersebut.

 

Berikut ada beberapa tips ringan mencegah agar tidak mendengkur saat tidur:

§         Jangan mengkonsumsi makanan atau ngemil pada tengah malam, dan minum minuman beralkohol

§         Jangan mengkonsumsi pil tidur, karena efeknya akan mengendurkan otot leher anda.

§         Kurangi berat badan jika berlebihan, karena mayoritas orang yang mempunyai kebiasaan mendengkur adalah mereka yang mempunyai berat berlebih.

§         Stop merokok, karena dapat menyebabkan hidung dan paru-paru sulit bernapas, karena tersumbat.

§         Ketika tidur, tidurlah dengan posisi miring, karena bianya orang mendengkur jika posisi tidurnya dalam keadaan terlentang. Tetapi jika pendengkur sudah dalam kategori berat, biasanya posisi bagaimanapun akan tetap mendengkur.

§         Jangan menggunakan sandaran di leher atau tidur tanpa menggunakan bantal, karena bila terdapat sandaran akan memberikan tekanan pada leher yang dapat menghalangi saluran napas.

§         Tidur dengan teratur. Usahakan untuk tidur dan bangun di waktu yang sama setiap harinya.

§         Hindari pemicu alergi. Misalnya, alergi dengan udara dingin, usahakan untuk mengatur suhu kamar agar tidak membuat alergi menjadi kambuh dan sulit bernafas.


0 ComMent:

- Hiii guys,, TerIma KaSih iaa ataS KunjUngaN'y, sEmoga Isi daLam bLog iNi daPat mEmberIkan mAnfaaT sErta PengEtaHuan LebiH baGi Qt, dan Segala iSi daLam Blog ini bErdasarKan sUmber dAn RefereNsi yang di Dapat -